Semua Tentang Motor Scooter Vespa

Sabtu, 07 Mei 2016

Restorasi Vespa VBB 1965 Bergaya Tour of Duty Dari Jakarta

Advertisement
Dalam dunia otomotif sebuah kejadian unik kerap terjadi diantara para pelakunya. Sesuatu yang berkaitan dengan hobby biasanya membuat orang rela melakukan apa saja untuk mewujudkan kesukaannya tersebut. Hal ini seperti yang dialami oleh Daniel Tedjo, seorang pria yang awalnya gemar terhadap mobil-mobil SUV bergaya petualangan ternyata kepincut juga dengan sebuah motor Vespa antik buatan Enrico Piaggio. 

Sebuah Vespa VBB buatan tahun 1965 diam-diam Ia beli dan kemudian ia bangun kembali dengan gaya scooter Vespa Heavy Duty, seperti yang pernah digunakan para tentara Amerika di masa perang dunia ke-2. Sebelum direstorasi, motor tersebut hanya digunakan sekali-kali untuk keperluan memanaskan mesinnya saja di sekitar rumahnya yang terletak di kawasan Radio Dalam, Jakarta selatan. Sesekali Daniel juga menggunakannya untuk pergi ke tempat usahanya bersama sang istri.

Restorasi Vespa VBB 1965 Bergaya Tour of Duty Dari Jakarta

Inspirasi dalam melakukan restorasi Vespa VBB itu didapat Daniel dari sebuah gambar di internet ketika dirinya mencari referensi mobil Jeep di dunia maya. Ia sempat kaget melihat gambar Vespa antik itu dan bertanya-tanya apakah memang ada motor Vespa berpenampilan seperti itu? Nah setelah itu kemudian Ia bertekad untuk membuat Vespa yang berpenampilan seperti di gambar yang dilihatnya tadi.

Ternyata Vespa yang dimaksud Daniel adalah model skuter yang digunakan untuk misi perdamaian dan kemanusian pada kurun waktu sekitar tahun 1950-1960an. Yang membuat menarik pria pengusaha sayuran organik ini yaitu karena penampilan Vespa tersebut menggunakan rak besi sebagai bagasi untuk membawa barang serta ban yang sedikit bertekstur kasar layaknya model ban tahu pada mobil jeep offroad untuk menjangkau daerah-daerah terpencil. Daniel mengatakan bahwa penampilan Vespa tersebut identik dengan kendaraan model Jeep yang ia sukai dari dulu.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut lantas Ia mengirim Vespa VBB miliknya ke sebuah bengkel di kawasan Rempoa yang juga masih kepunyaan temannya. Lalu proses restorasi secara total pun dilakukan dengan sesekali berada dibawah pengawasannya, bahkan Ia pun berperan aktif dalam berburu part atau onderdil yang dibutuhkan Vespanya. 

Restorasi Vespa VBB 1965 Ala Vespa Heavy Duty Dari Jakarta

Untuk tahap pertama, semua bagian yang menempel pada bodi ditanggalkan, kemudian beberapa bagian tubuh Vespa yang sexy itu mengalami beberapa koreksi supaya tampil mulus kembali. Lalu proses selanjutnya yaitu pengecatan ulang dengan menggunakan warna klasik yang dipadu dengan silver muda dari Impala Brown membuat VBB tersebut tampil segar kembali. Setelah semua urusan bodi selesai, saatnya memasang satu per satu onderdil yang sengaja semuanya diganti dengan kondisi yang baru.

Nah, selanjutnya giliran pemasangan kaki-kaki dan aksesoris yang menunjang penampilan seperti yang diinginkan Daniel. Untuk ban model Mud Terrain berprofil kasar  dipilih dari merek Cheng Shin, dan untuk memasangnya terlebih dahulu harus meninggikan bolt agar sokbreker bagian belakang Vespa posisinya menjadi lebih tinggi. Sementara itu bagian double leg shield dipilih merek orsinil Vigano, spion dan karet body set berwarna abu-abu merupakan import part, dan tidak ketinggalan pemasangan back rack impor di bagian belakang motor, semakin menegaskan skuter Vespa VBB bergaya Tour of Duty seperti yang diinginkan Daniel.

sumber : http://www.freemagz.com/
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Restorasi Vespa VBB 1965 Bergaya Tour of Duty Dari Jakarta