Semua Tentang Motor Scooter Vespa

Kamis, 26 Mei 2016

Mengenal Vespa Corsa 125, Sang Pelopor Skuter Matik Indonesia

Advertisement
Selamat siang Vespaholiker Indonesia, apa kabar anda di hari Senin pertama bulan Agustus 2015 ini? semoga semua aktivitasnya berjalan lancar ya... :) Kali ini Vespaholic akan mengulas informasi mengenai salah satu jenis motor Vespa yang popularitasnya sudah mulai tenggelam seiring dengan kehadiran beberapa varian skuter Vespa matic terbaru dewasa ini. Yaa, itulah Vespa Corsa 125 yang merupakan pelopor kelahiran motor skuter matik di Indonesia.

Vespa Corsa 125 dibuat pada tahun 1991 hingga 2006 oleh PT. Dan Motor Indonesia (DMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Vespa di tanah air dengan lisensi penuh dari Piaggio Italy. Skuter matik ini merupakan bagian dari keluarga Vespa PK series yang diciptakan pada tahun 1983 sebagai cikal bakal motor vespa modern karena mempunyai sistem transmisi otomatis. Kehadiran Vespa otomatis ini ditandai oleh tidak adanya pedal rem belakang yang biasanya terdapat di bagian dek bawah sebelah kanan, fungsi pedal rem tersebut digantikan oleh sebuah tuas yang berada di stang sebelah kiri menggantikan posisi tuas kopling yang terdapat pada Vespa manual.
Sejarah dan spesifikasi Vespa Corsa 125 Indonesia

Di awal kemunculannya Vespa Corsa cukup mendapat antusias dari para penggemarnya, bahkan pada waktu itu sempat menjadi trend gaya bermotor bagi kaum wanita karena transmisi automatic-nya. Rentang produksinya juga lumayan cukup lama yakni sekitar 15 tahunan, dengan masa pembuatan yang cukup panjang tersebut tentunya skuter matik pertama di Indonesia ini telah tersebar ke berbagai penjuru daerah di seluruh tanah air. Tapi sayang sekali, sekarang ini keberadaannya sudah semakin langka, karena kabarnya hal ini disebabkan oleh perawatan Vespa Corsa yang cukup menyulitkan bagi para pemiliknya. Hanya para pehobi Vespa saja yang masih setia merawat dan melestarikannya, bahkan bagi pecinta Vespa sejati motor ini menjadi buruan yang bernilai untuk dikoleksi seperti layaknya Vespa PTS maupun Vespa antik lainnya.

Dilihat dari penampilannya desain Vespa Corsa 125 memiliki bentuk tubuh yang klasik modern seperti layaknya tongkrongan vespa matik terbaru. Dimensi tubuhnya lebih kecil dari kebanyakan  model Vespa lainnya karena menggunakan platform Vespa Small Frame seperti pada Vespa PTS 90 maupun 100 cc. Wajah depannya mirip Vespa New PX dengan bentuk lampu utama yang bulat dan sein di kedua sisi sayapnya. Jok pengemudi dan penumpang dibuat menyatu dengan bentuk tubuh bagian belakang yang lebih ramping karena desain mesin yang simpel dan box tempat ban cadangan yang tidak menggelembung. Desain bagasi depan pun terlihat pas, sehingga kaki pengendaranya bisa leluasa bergerak di area dek bawah.

Spesifikasi mesin Vespa Corsa 125 yakni tipe 2-stroke berpendingin udara dengan kapasitas murni sebesar 121,2 cc. Ukuran Bore x Stroke sebesar 55 x 51 mm dan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 6,87 horse power pada putaran mesin 5.600 Rpm. Sistem pencampuran oli sampingnya berlangsung secara otomatis dan untuk karburatornya menggunakan merek yang biasa digunakan motor Vespa yakni merek DellOrto Tipe 19E. Corsa menggunakan dual starter untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter dan kick starter. Bagian roda depan dan belakang Corsa menggunakan ban berukuran 3.00 x 10" dengan sistem rem tipe drum.  Dengan spek mesin tersebut menurut beberapa pemiliknya, Vespa Corsa 125 ini bisa digenjot hingga 90 km/jam, sebuah angka yang cukup tinggi untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.
Sejarah Vespa Corsa 125 Sebagai Skuter Vespa Matik di Indonesia
Ada ciri khas menarik dari skuter matik Piaggio Vespa pertama di Indonesia ini yang tidak terdapat pada motor-motor matik sekarang, Vespa Corsa memiliki posisi gigi netral yang berfungsi untuk mencegah motor langsung meloncat ketika dihidupkan dengan menarik gas yang terlalu banyak. Jadi Corsa sangat berbeda dengan skuter otomatis jaman sekarang yang bisa langsung tancap gas ketika mesin menyala. Corsa 125 buata PT. DMI memiliki 2 mode posisi gigi (gear position) yaitu mode 0 yang merupakan posisi gigi netral dan mode 1 untuk berjalan, sehingga untuk membuatnya berjalan setelah mesinnya hidup terlebih dahulu harus memindahkan posisi giginya ke mode 1. 

Itulah ulasan kami mengenai sekelumit Vespa Corsa 125 sang pionir motor skuter matik Indonesia. Hal ini juga sekaligus membantah anggapan sebagian orang bahwa skuter matik pertama yang lahir di Indonesia adalah Yamaha Mio, padahal bagi yang lahir tahun tahun sebelum tahun 80-an pasti mengetahui kehadiran pertama Vespa Corsa tersebut. 
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Vespa Corsa 125, Sang Pelopor Skuter Matik Indonesia